Kisah 4 Sekawan Pencari Hadits

/ Sabtu, 06 September 2014 /




Dalam suatu rihlah mencari hadits, berkumpullah empat imam hadits pada masanya yaitu Muhammad bin Jarir Ath-Thabari, Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah, Muhammad bin Nashr Al-Marwazi dan Muhammad bin Harun Ar-Ruyani dalam satu rombongan.

Ditengah perjalanan, habislah bekal mereka. Mereka pun kekurangan makanan dan sangat lapar. Lalu mereka berunding dan sepakat untuk memilih seseorang dari mereka agar berdoa kepada Allah supaya menghilangkan kesulitan dan memudahkan makanan bagi mereka. Sedangkan yang lain mengaminkan. Namun masing-masing dari mereka menyampaikan udzurnya dan berkata, “Aku tidak pantas melakukan hal itu”,masing-masing menganggap hina diri-diri mereka dan tidak pantas. Sehingga mereka pun melakukan undian, dan keluarlah undian Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah. Dia pun berkata kepada mereka, “Tunggu sebentar hingga aku mengerjakan shalat dua rakaat. Jika selesai, aku akan berdoa untuk kalian”. Lalu dia pun berwudhu dan mulai mengerjakan shalat. 

Ketika dia sedang mengerjakan shalat dan belum selesai mengerjakannya, tiba-tiba pintu diketuk. Salah satu dari mereka pun membuka pintu tersebut. Ternyata, seorang budak milik gubernur Mesir.
Si budak tersebut langsung  bertanya, “Siapa di antara kalian yang bernama Muhammad bin Nashr Al-Marwazi?” Mereka menjawab, “lni.” Mereka menunjuk padanya. Budak itu lalu mengeluarkan kantong berisi 50 dinar dan memberikannya. 

Budak tadi melakukan hal yang sama kepada Muhammad bin Jarir, “Siapa di antara kalian yang bernama Muhammad bin Jarir?”. Mereka menjawab, “lni.” Mereka menunjuk padanya. Budak itu lalu mengeluarkan kantong berisi 50 dinar dan memberikannya. Begitu juga ia melakukan hal yang sama kepada Muhammad bin Harun dan Muhammad bin Khuzaimah. Kemudian budak tadi berkata, “Sesungguhnya kemarin gubernur sedang tidur siang. Pada waktu tidur, dia mimpi bertemu Rasulullah shallallahu’alaihi  wasallam. Beliau berpesan, ‘Temuilah empat Muhammad, sesungguhnya mereka dalam keadaan lapar di tempat begini dan begini”. Kemudian budak itu berkata, ’Sesungguhnya gubernur bersumpah untuk kalian; jika harta ini habis, kalian harus memberitahukan kepadanya agar dia mengirimkan harta yang lainnya”.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 @Kripul_, All rights reserved
Design by Ipoel. Powered by Blogger